Friday, May 13, 2011

AHM Luncurkan Skutik Elegan Extra Lega, Honda Spacy Helm In


PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Spacy Helm In, skutik pertama Honda yang menawarkan kelapangan dengan fitur Helm In pada bagasi lega berkapasitas total 18 liter.

Trend pertumbuhan pasar sepeda motor skutik berkembang sangat pesat. Pada 2006 saat pertama kali AHM masuk ke segmen ini, pangsa pasar skutik di pasar motor nasional mencapai 8,3% atau 371.166 unit. Dalam kurun waktu empat tahun, pangsa pasarnya melambung menjadi 45,64% atau 3.376.536 unit pada 2010.

Pada tahun ini untuk pertama kalinya penjualan kategori skutik melampaui kategori bebek. Berdasarkan data AISI periode Januari – Maret, kontribusi penjualan kategori skutik terus menguat hingga mencapai 992.051 unit atau 49,75% dari pasar nasional, dibandingkan kategori bebek yang pada periode sama mencapai 832.264 unit atau 41,73% pangsa pasar.

Penguatan pada kategori skutik ini diikuti oleh penguatan penjualan skutik Honda. Pada periode yang sama, skutik Honda berhasil membukukan penjualan sebanyak 518.136 unit atau 52,23% dari total pasar skutik di tanah air. Pencapaian ini semakin mengukuhkan Honda sebagai Raja Baru AT di pasar otomotif domestik dan semakin memperlebar selisih penjualan dengan pesaing.

Dalam kondisi pasar yang terus berkembang ini, sepeda motor terbukti semakin serba guna dan cenderung digunakan sebagai alat transportasi karyawan atau pekerja dalam aktivitas sehari-hari. Pada saat yang sama muncul kebutuhan konsumen terhadap skutik dengan karakter yang berbeda dari yang beredar di pasar saat ini. Sebagian besar model skutik saat ini diposisikan sebagai skutik berkarakter sporty untuk segmen kaum muda dan dewasa, kecuali Scoopy yang memiliki karakter unik untuk segmen kaum muda.

Karena itu, AHM meluncurkan Honda Spacy Helm In dengan konsep desain baru berkarakter modern elegan yang diharapkan mampu memberikan manfaat baru bagi konsumen dengan menyertakan fitur Helm In, yaitu sebuah bagasi di bawah jok dengan kapasitas terbesar di kelasnya yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang hingga seukuran helm full face. Model ini dikembangkan dengan melihat kecenderungan pengendara sepeda motor saat ini yang suka membawa barang untuk aktivitasnya sehari-hari.

Honda Spacy Helm In juga menawarkan kenyamanan berkendara baik untuk posisi berkendara sendiri ataupun berboncengan. Kenyamanan ini diperoleh dari ruang lantai tempat kaki yang lega serta desain tempat duduk yang ergonomis. Motor skutik terbaru Honda ini juga dilengkapi dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5 liter, terbesar di kelasnya, sehingga mampu membawa pengendara untuk berkendara lebih jauh tanpa harus mengisi bahan bakar lebih sering.

“Kami mengembangkan Honda Spacy Helm In dengan konsep useful for daily life dengan pengaplikasian fitur Helm In sehingga dapat membawa barang dalam aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman, irit bahan bakar dan harganya pun yang terjangkau,” ujar President Director AHM Yusuke Hori.

Honda Spacy Helm In juga dilengkapi dengan mesin berkapasitas 110 cc berpendingin udara serta beberapa fitur keselamatan yang hanya dimiliki Honda yakni seperti standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun dan Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan. Selain itu juga dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti pengaman kunci bermagnet otomatis (Auto Secure Key Shutter) dan Autochoke untuk memudahkan menghidupkan mesin tanpa harus menggeser tuas secara manual.

“Honda Spacy Helm In merupakan langkah kami untuk memberikan pilihan yang lebih beragam kepada konsumen terutama kaum muda hingga keluarga muda, wiraswastawan maupun karyawan. Kami optimistis, dengan segala keunggulan dan keunikan fitur yang dimiliki model ini, kehadiran Honda Spacy Helm In akan diterima dengan baik oleh konsumen dan akan menciptakan trend baru di segmen motor skutik di tanah air,” kata Johannes Loman Executive Vice President Director AHM.

Honda Spacy Helm In versi spoke wheel akan dipasarkan dengan harga Rp 11.750.000,- (on the road Jakarta) sedangkan versi cast wheel akan dipasarkan dengan harga Rp 12.550.000,- (on the road Jakarta). Target penjualan sebanyak 25.000 unit perbulan. Honda Spacy masing-masing akan hadir dalam 5 pilihan warna yaitu Imperial White, Royal Blue, Majestic Red, Legacy Green dan Emperor Black.

No comments:

Post a Comment